Pandangan Hidup, Kegelisahan dan Ketidakpastian

Pandangan Hidupindex

 

Setiap manusia pasti memiliki pandangan hidup. Sebenarnya apasih pandangan hidup itu? Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan,, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya, akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :

1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan yang mutlak kebenarannya
2. Pandangan hidup yang berupa idiologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang

terdapat pada negara tersebut
3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya

Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur yaitu :

Cita-cita

Cita cita adalah suatu harapan yang manusia inginkan akan terjadi di masa mendatang sesuai dengan keinginan manusia tersebut. mengapa cita cita merupakan suatu pandangan hidup? karena cita cita yang menggambarkan suatu pandangan hidup itu sendiri.
banyak faktor yang membuat kita gagal dalam melaksanakan cita cita, biasanya karena hambatan dari luar dan dari sendiri dimana manusia menyerah dalam menggapai cita citanya.

 

Kebajikan

Kebajikan adalah suatu perbuatan yang terpuji yang didasari dari hati nurani pelakunya.

Usaha

Usaha adalah suatu perjuangan untuk menggapai cita cita tersebut. dalam perjalannya usaha yang dilakukan sebanding lurus dengan keyakinan yang ada pada dirikita agar yang kita jalani saat ini bisa lebih efektif untuk menggapai cita cita kita.

Keyakinan / kepercayaan

Keyakinan/keparcayaan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran. Karena keyakinan merupakan suatu sikap, maka keyakinan seseorang tidak selalu benar — atau, keyakinan semata bukanlah jaminan kebenaran. Contoh: Pada suatu masa, manusia pernah meyakini bahwa bumi merupakan pusat tata surya, belakangan disadari bahwa keyakinan itu keliru.

 

 

 

Begitu banyak pandangan hidup yang dimiliki masing masing individu, tetapi bagaimana cara kita untuk memiliki pandangan hidup yang baik?

 

Langkah-langkah agar berpandangan hidup yang baik

a. Mengenal

Suatu kodrat bagi manusia yang merupakan tahap pertama dari setiap aktivitas hidupnya yang dalam hal

ini mengenal apa itu pandangan hidup

b. Mengerti

Maksudnya mengerti terhadap pandangan hidup itu sendiri

c. Menghayati

Menghayati pandangan hidup kita memperoleh gambaran yang tepat dan benar mengenai kebenaran

pandangan hidup itu sendiri

d. Meyakini

Suatu hal untuk cenderung memperoleh suatu kepastian sehingga dapat mencapai tujuan hidup

e. Pengabdian

Suatu hal yang penting dalam menghayati dan meyakinkan suatu yang telah dibenarkan dan baik oleh

dirinya dan orang lain

 

Jika suatu individu telah salah dalam menentukan pandangan hidupnya maka besar kemungkinan dia akan memiliki perilaku yang menyimpang. Tindak kejahatan yang semakin marak terjadi merupakan bukti telah banyak terjadi kesalahan individu dalam menentukan pandangan hidupnya.

Kegelisahan dan Ketidakpastian dalam Hidup

Gelisah

Setiap orang pasti penah mengalami yang namana gelisah, sebelumnya apasih gelisah/kegelisahan itu?

Gelisah merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasa tidak tenang, selalu merasa khawatir. Rasa gelisah timbul karena banyak sebab, misalnya kurang percaya diri, orang yang sehabis berbohong, demam panggung, rasa bersalah terhadap suatu hal atau kepada orang lain.

Mengatasi kegelisahan 

Ketika saya mengalami kegelisahan, misalnya saat saya sedang menunggu suatu pengumuman penting, saat ingin bertemu orang-orang baru dalam lingkungan baru seperti saat pertama kali masuk kuliah. Saya mengatasi semua kegelisahan itu dengan cara menarik nafas panjang, membaca basmalah, dengan cara itulah saya lebih percaya diri, tenang dan kegelisahan saya pun hilang.

Ketidakpastian

Ketidakpastian sering kita alami dalam menjalani kehidupan. Ketidakpastian saling berhubungan dengan kegelisahan, dimana saat kita mendapatkan suatu ketidakpastian maka itu akan membuat kita mengalami kegelisahan.

  1. Leave a comment

Leave a comment